Senin, 05 Maret 2012

ANALISIS BUTIR SOAL URAIAN

Barabgkali bermanfaat untuk anda, bisa didownload disini

Pengusulan Penetapan Angka Kredit Bagi Guru

Hal Penting dalam Pengusulan Penetapan Angka Kredit Bagi Guru PNS
Penilaian Angka Kredit (PAK) Dasar Bagi Guru CPNS/PNS Baru Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
Adapun jabatan fungsional guru adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang diduduki oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Sedangkan Angka kredit adalah satuan nilai dari tiap butir kegiatan dan/atau akumulasi nilai butir-butir kegiatan yang harus dicapai oleh seorang Guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya. Untuk mencapai angka kredit tersebut seorang guru harus memenuhi persyaratan-persyarakat di antaranya membuat analisis hasil belajar, analisis soal, pengayaan, dan perbaikan. Hal tersebut tercantum dalam Permenpan Nomer 16 tahun 2009.
Terkait dengan Pengajuan PAK untuk CPNS/PNS baru maka persyaratannya adalah sebagai berikut:
1. Fotocopy SK CPNS dan PNS (2 Lembar)
2. SPMT BKD Sekolah Masing-Masing (Berdasarkan SKPD) (2 Lembar)
3. DP3 (2 Lembar)
4. SK Pembagian Tugas (2 Lembar)
5. SK Pembagian Tugas Mengajar (2 Lembar)
6. SK Kepanitiaan (2 Lembar)
7. Piagam/Sertifikat Selama Menjadi CPNS/PNS (2 Lembar)
8. Analisis Butir Soal Pelajaran (2 Lembar)
Bagi para guru yang akan mengajukan PAK sebaiknya memperhatikan 8 poin tersebut, agar tidak keliru nantinya.
Source: http://kabar-pendidikan.blogspot.com/2011/12/penilaian-angka-kredit-pak-dasar-bagi.html

JADWAL PELAJARAN 2012

Jadwal Pelajaran Tahun Pelajaran 2011/2012 bisa didownload disini

INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU (IPKG) I Perencanaan Pembelajaran

INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU (IPKG) I
Perencanaan Pembelajaran

PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/ calon guru ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini.
Instrumen selengkapnya bisa didownload disini.

Minggu, 04 Maret 2012

MEMBUAT WEBSITE SEKOLAH

Cara Mudah Membuat Website Sekolah dengan Domain sch.id

Membuat website itu sangatlah mudah jika pertanyaan tersebut diajukan kepada orang yang sudah terbiasa dengan kegiatan nge-blog, membuat blog atau membuat website.
Untuk anda yang tidak memiliki dasar tentang bagaimana cara ngeblog, menulis artikel, edit template, edit HTML (Hypertext Markup Language), edit bahasa pemograman PHP (PHP Hypertext Preprocessor), upload file, download file, mengetahui domain dan hosting, pengetahui FTP (file transfer protocol), mengetahui cpanel, dan lain sebagainya membuat website itu pasti sangatlah sulit.
Namun sesulit apapun kalau kita mau belajar sedikit demi sedikit membuat website itu PASTI bisa dilakukan

Sabtu, 03 Maret 2012

KAIDAH PENULISAN SOAL PILIHAN GANDA

KAIDAH PENULISAN SOAL PILIHAN GANDA
(Dari buku Penilaian dan Pengujian untuk Guru SLTP)


1. Soal harus sesuai dengan indikator
Indikator : Siswa dapat menentukan luas persegi panjang bila diketahui kelilingnya dan perbandingan antara panjang dan lebarnya

Contoh soal yang tidak sesuai indikator
Panjang suatu persegi panjang 2 cm lebih dari lebarnya. Jika luasnya 24 cm2, maka kelilingnya adalah …
a. 10 cm c. 20 cm
b. 11 cm d. 22 cm
Penjelasan:
Contoh di atas tidak sesuai dengan indikator, karena hal yang ditanyakan adalah tentang keliling persegi panjang, sedangkan indikator menuntut soal tentang luas persegi panjang.

Contoh soal yang sesuai indikator
Panjang suatu persegi panjang 3 cm lebih dari lebarnya. Jika kelilingnya 30 cm, maka luasnya adalah …
a. 50 cm2 c. 54 cm2
b. 51 cm2 d. 60 cm2


2. Pilihan jawaban harus homogen dan logis
Contoh soal yang kurang baik
Nama-nama bangun di bawah ini yang hanya mempunyai dua buah sumbu simetri adalah …
a. persegi c. persegi panjang
b. jajar genjang d. segitiga samakaki
Penjelasan :
Pada contoh di atas, pilihan jawaban d tidak homogen dari segi materi, karena merupakan segitiga, sedangkan pilihan jawaban lain merupakan segi empat.

Contoh soal yang lebih baik
Nama-nama bangun di bawah ini yang hanya mempunyai dua buah sumbu simetri adalah …
a. persegi c. persegi panjang
b. jajar genjang d. trapesium

3. Hanya ada satu kunci jawaban yang paling tepat
Contoh soal yang kurang baik
Berikut ini yang merupakan jaring-jaring kubus adalah …

a. c.

b. d.

Penjelasan :
Contoh soal di atas kurang baik karena terdapat dua pilihan jawaban yang benar, yaitu A dan C. Hal ini dapat membingungkan siswa dalam menentukan kunci jawaban.



Soal yang lebih baik
Berikut ini yang merupakan jarring-jaring kubus adalah …

a. c.
b. d.

4. Pokok soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas
Contoh soal yang kurang baik.
Akar-akar persamaan adalah x1 dan x2. Nilai adalah …
a. –3 c. 2
b. –2 d. 3
KUNCI : A dan D
Penjelasan :
Penjelasan yang ditanyakan pada pokok soal di atas tidak tegas sehingga akan membingungkan siswa dalam menentukan kunci jawaban

Contoh soal yang lebih baik.
Akar-akar persamaan adalah x1 dan x2, dengan . Nilai adalah …
a. –3 c. 2
b. –2 d. 3

5. Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban merupakan pernyataan yang diperlukan
Contoh soal yang kurang baik
Budi mengendarai sepeda setiap hari Minggu mengitari lapangan. Roda sepeda tersebut berdiameter 70 cm dan berputar sebanyak 50 kali. Panjang lintasan yang dilalui sepeda itu adalah …
a. 7.700 m c. 220 m
b. 3.850 m d. 110 m
Penjelasan :
Rumus pokok soal di atas berlebihan, karena ada bagian yang tidak diperlukan. Hal ini akan menyita waktu yang disediakan.

Contoh soal yang lebih baik
Roda sebuah sepeda yang berdiameter 70 cm berputar sebanyak 50 kali. Panjang lintasan yang dilalui sepeda itu adalah …
a. 7.700 m c. 220 m
b. 3.850 m d. 110 m

6. Pokok soal tidak memberi petunjuk ke kunci jawaban.
Contoh soal yang kurang baik
Segitiga sama sisi mempunyai tiga sudut yang sama besar. Jika salah satu sudutnya 600, maka besar sudut yang lain adalah …
a. 300 c. 600
b. 450 d. 900
Penjelasan :
Contoh soal di atas kurang baik karena pada pokok soal terdapat petunjuk ke arah jawaban yang benar yaitu kata “mempunyai tiga sudut yang sama besar”.

Contoh soal yang lebih baik.
Besar setiap sudut segitiga sama sisi adalah …
a. 300 c. 600
b. 450 d. 900

7. Pokok soal tidak menggunakan pernyataan yang bersifat negatif ganda
Contoh soal yang kurang baik
Bilangan berikut ini bukan bilangan prima, kecuali adalah …
a. 1 c. 6
b. 2 d. 9
Keterangan :
Pokok soal yang menggunakan pernyataan yang bersifat negatif ganda (kata bukan … kecuali, dan sejenisnya) dapat membingungkan siswa
Contoh soal yang lebih baik
Bilangan berikut merupakan bilangan prima, kecuali …
a. 1 c. 3
b. 2 d. 5

8. Gambar / grafik / tabel / diagram dan sejenisnya jelas dan berfungsi
Contoh soal yang kurang baik

Perhatikan gambar di samping!
Bila diameter lingkaran 14 cm maka luas juring POQ adalah …
a. 10,5 cm2
b. 14 cm2
c. 24,5 cm2
d. 38,5 cm2



Contoh soal yang lebih baik
Perhatikan gambar di samping!
Bila diameter lingkaran 14 cm maka luas daerah yang diarsir adalah …
a. 10,5 cm2
b. 14 cm2
c. 105 cm2
d. 129,5 cm2

9. Panjang pilihan jawaban relatif sama.
Contoh soal yang kurang baik
Sifat persegi yang tidak dimiliki oleh persegi panjang adalah …
a. sisi-sisi yang berhadapan sejajar dan sama panjang
b. diagonal-diagonalnya saling berpotongan dan membagi dua sama panjang serta saling tegak lurus
c. semua sudutnya siku-siku
d. kedua diagonalnya sama panjang

Contoh soal yang baik
Sifat persegi yang tidak dimiliki oleh persegi panjang adalah …
a. sisi-sisi yang berhadapan sejajar dan sama panjang
b. diagonal-diagonalnya saling berpotongan dan tegak lurus
c. semua sudutnya siku-siku
d. kedua diagonalnya sama panjang

10. Pilihan jawaban tidak menggunakan pernyataan yang berbunyi “Semua jawaban diatas salah”. Atau berbunyi “Semua jawaban diatas benar”.
Contoh soal yang kurang baik
Faktor persekutuan terbesar (FPB) dari 15 dan 56 adalah …
a. tidak ada
b. 2
c. 840
d. semua jawaban di atas salah
Penjelasan
Contoh soal di atas kurang baik karena hanya terdapat tiga pilihan jawaban saja yang di pertimbangkan. Jika semua jawaban diatas salah merupakan kunci, maka kita tidak mendapatkan informasi apakah siswa telah mengetahui faktor persekutuan terbesar dari dua bilangan.

Contoh soal yang lebih baik
Faktor persekutuan terbesar (FPB) dari 15 dan 56 adalah …
a. tidak ada c. 2
b. 1 d. 840

11. Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu disusun berdasarkan urutan besar kecilnya angka atau kronologinya.
Contoh soal yang kurang baik
Suatu pekerjaan dapat diselesaikan oleh 18 orang selama 16 hari. Banyak tenaga kerja yang haris ditambah agar pekerjaan itu selesai dalam waktu 12 hari adalah …
a. 12 orang c. 24 orang
b. 18 orang d. 6 orang
Penjelasan :
Pilihan jawaban di atas tidak berurutan dari kecil ke besar atau sebaliknya. Hal ini akan menyita waktu yang disediakan.

Contoh soal yang lebih baik
Suatu pekerjaan dapat diselesaikan oleh 18 orang selama 16 hari. Banyak tenaga kerja yang haris ditambah agar pekerjaan itu selesai dalam waktu 12 hari adalah …
a. 6 orang c. 18 orang
b. 12 orang d. 24 orang

12. Butir soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya
Soal yang kurang baik

1. Gambar di samping adalah gambar sebidang tanah.Luas daerah yang diarsir adalah …
a. 200 m2
b. 120 m2
c. 118 m2
d. 82 m2
2. Bila daerah yang diarsir pada soal nomor 1 akan ditanami rumput dengan biaya Rp 25.000,00 setiap m2, maka biaya yang diperlukan adalah …
a. Rp 5.000.000,00
b. Rp 3.000.000,00
c. Rp 2.950.000,00
d. Rp 2.050.000,00
Penjelasan :
Pada soal nomor 2 siswa diminta menghitung biaya yang diperlukan untuk menanam rumput. Untuk menghitung biaya tersebut terlebih dahulu harus menghitung luas segitiga PQR (soal nomor 1). Jika siswa tidak dapat mneghitung luas daerah yang diarsir , maka siswa tidak akan dapat mengerjakan soal nomor 2. Hal ini sangat merugikan siswa.

13. Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia
Contoh soal yang kurang baik
Harga 3 buah buku Rp 1.500,-. Berapakah harga 7 buah buku?
a. Rp 3.000,- c. Rp 3.700,-
b. Rp 3.500,- d. Rp 4.000,-
Penjelasan :
Soal di atas kurang baik, karena dalam menuliskan harga tidak menggunakan kaidah bahasa Indonesia.
Contoh soal yang lebih baik

Harga 3 buah buku Rp 1.500,00. Berapakah harga 7 buah buku?
a. Rp 3.000,00 c. Rp 3.700,00
b. Rp 3.500,00 d. Rp 4.000,00

14. Soal tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat.
Contoh soal yang kurang baik
Seorang pedagang membeli 25 gantang beras dengan harga Rp 2.500,00 per liter. Pedagang tersebut mengeluarkan biaya transportasi Rp 2.500,00 dan upah angkut Rp 2.500,00. Bila ia memperoleh untung Rp 20.000,00, maka harga jual tiap liternya adalah ...
a. Rp 2.900,00 c. Rp 3.300,00
b. Rp 3.000,00 d. Rp 3.900,00
Penjelasan :
Istilah gantang yang terdapat pada pokok soal di atas hanya berlaku pada daerah yang artinya gantang sama dengan 2 liter. Bila soal ini diberikan ke daerah lain mungkin akan menimbulkan penafsiran lain.

Contoh soal yang lebih baik
Seorang pedagang membeli 50 liter beras dengan harga Rp 2.500,00 per liter. Pedagang tersebut mengeluarkan biaya transportasi Rp 2.500,00 dan upah angkut Rp 2.500,00. Bila ia memperoleh untung Rp 20.000,00, maka harga jual tiap liternya adalah ...
a. Rp 3.000,00 c. Rp 3.700,00
b. Rp 3.500,00 d. Rp 4.000,00

15. Pilihan jawaban tidak mengulang kata/kelompok kata yang sama.
Contoh soal yang kurang baik
Diketahui segienam beraturan PQRSTU, diagonal PS, UR, dan QT berpotongan di titik O. Bila segienam tersebut diputar 1800 dengan pusat O, maka ...
a. titik Q menempati titik S
b. titik Q menempati titik U
c. titik Q menempati titik T
d. titik Q menempati titik P
Penjelasan :
Contoh soal di atas kurang baik karena pada pilihan jawaban terdapat kelompok kata yang berulang. Hal ini akan menyita sebagian waktu yang disediakan.

Contoh soal yang lebih baik
Diketahui segienam beraturan PQRSTU, diagonal PS, UR, dan QT berpotongan di titik O. Bila segienam tersebut diputar 1800 dengan pusat O, maka titik Q menempati ...
a. titik S c. titik T
b. titik U d. titik P

Sumber : http://members.lycos.co.uk/linkmatematika/artikel1.html

Kumpulan Permendiknas

Bagi rekan-rekan, guru Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (permendiknas) sudah tidak asing lagi. Untuk itu bagi rekan-rekan yang memerlukan permendiknas ini silakan download saja file-file berikut ini;

1. UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas
2. PP 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional pendidikan
3. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi
4. Permendiknas No 23 Tahun 2006 tentang SKL
5. Permendiknas No 24 Tentang Pelaksanaan SI
6. Permendiknas No 13 Tahun 2007 Tentang Standar kepala sekolah
7. Permendiknas No 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan
8. Permendiknas No 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian
9. Permendiknas No 24 Tahun 2007 Tentang Standar sarana dan Prasarana
10. Permendiknas No 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses
11. Permendiknas No 2 Tahun 2008 tentang Buku
12. Permendiknas no 12 Tahun 2008 Tentang Penetapan Buke Teks
13. Permendiknas no 10 Tahun 2009 Tentang Sertifikasi guru
14. Permendiknas No 12 Tahun 2009 Tentang Akreditasi SMP
15. Permendiknas No 39 tahun 2009 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru
16. Permendiknas No 46 Tahun 2009 Tentang EYD
17. Permendiknas No 50 Tahun 2009 Tentang Penetapan Buku Teks
18. Permendiknas No 69 Tahun 2009 Tentang Standar Biaya
19. PP 74 Tahun 2008 Tentang Guru
20. Peraturan Menpan dan RB No 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan angka Kreditnya
21. Peraturan Menpan dan RB No 16 Tahun 2009 lengkap
22. PP No 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin PNS
Tambahan :Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas

 
Design by Free WordPress Themes | Customized by AdSense, SEO, Blogging Tips and tricks - Customized Templates